Apapun jenis bisnis Anda, layanan konsumen merupakan bagian penting
dalam menunjang kesuksesan. Tentunya, pelayanan konsumen selalu ingin
Anda tingkatkan. Namun, dengan kendala dana yang terbatas, Anda harus
menerapkan strategi yang baik dan tepat untuk mewujudkan target
tersebut.
Seringkali pelanggan bertanya mengenai produk ataupun
jasa yang Anda tawarkan. Tentunya, hal tersebut harus ditanggapi dengan
cepat. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengelola
masukan dan menjawab pertanyaan para pelanggan:
1. Lakukan survei
Survei
adalah daftar pertanyaan untuk pelanggan mengenai produk dan jasa Anda.
Dengan melakukan survei pelanggan, Anda dapat belajar bagaimana menjaga
dan menyenangkan pelanggan Anda.
2. Formulir tanggapan
Seperti
survei, formulir tanggapan pelanggan akan memberikan umpan balik berupa
pendapat para pelanggan. Dengan menggunakan formulir tanggapan,
pelanggan dapat memberikan informasi miring karena pelanggan lebih
mungkin menggunakan formulir tersebut untuk mengajukan keluhan bukan
untuk menawarkan pujian.
3. Online chat
Layanan online chat memungkinkan
pelanggan Anda menyampaikan keluhan dan pertanyaan dengan cepat. Dengan
metode ini, pelanggan akan lebih merasa diperhatikan keluhan dan
masukannya.
4. Hotline
Layanan hotline yang
Anda sediakan memungkinkan pelanggan menyampaikan keluhan dan
pertanyaan melalui telepon. Pastikan karyawan Anda memiliki pengetahuan
mengenai produk atau jasa yang Anda jual.
5. FAQ
Jika
layanan pelanggan Anda memiliki daftar pertanyaan yang sering diajukan,
Anda dapat memuat hal tersebut dalam FAQ website bisnis Anda. Hal ini
juga akan menjadi alat yang berguna bagi pelanggan untuk menemukan
jawaban tanpa harus bertanya.
SUMBER : http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/53-pelayanan-konsumen/12587-mengelola-masukan-dan-pertanyaan-pelanggan.html

Tidak ada komentar:
Posting Komentar