Pelanggan biasanya menjadi marah ketika mereka merasa diperlakukan
dengan tidak adil. Menawarkan permintaan maaf yang tulus serta
meyakinkan pelanggan bahwa Anda menindaklanjuti pengaduan serius adalah
langkah penting untuk membuat seseorang pelanggan yang marah menjadi
tenang.
Selain langkah itu, Anda dapat mendengarkan secara
simpatik sementara pelanggan mengungkapkan perasaan marah dan
frustrasinya. Setelah itu, aturlah pemecahan masalah pelanggan.
Untuk memudahkan Anda, berikut kami paparkan beberapa intruksi yang harus Anda lakukan untuk meredakan kemarahan pelanggan:
1.
Dengarkan apa yang pelanggan katakan. Ini menunjukkan bahwa Anda
benar-benar tertarik pada masalah dan memberikan dia kesempatan untuk
mengungkapkan perasaannya. Jangan menyela ketika ia berbicara dan tidak
mengambil kemarahannya sebagai serangan pribadi. Jika berurusan dengan
pelanggan secara tatap muka, lakukan kontak mata dan mencatatlah untuk
menunjukkan bahwa Anda menangani keluhannya dengan serius.
2.
Mengungkapkan empati. Sangat penting untuk menjadi tulus karena jika
tidak, pelanggan mungkin akan menangkap hal itu dan merasa Anda sedang
menggurui atau meremehkan. Katakan padanya bahwa Anda mengerti mengapa
dia marah. Bayangkan bagaimana perasaan Anda jika Anda ditempatkan dalam
situasi yang sama.
3. Fakta-fakta. Dengan tenang Anda menjelaskan membutuhkan informasi sebanyak mungkin untuk memecahkan masalah.
4.
Janji untuk melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah. Jika,
misalnya, seseorang menerima produk yang rusak, aturlah agar diganti
secepat mungkin. Tawarkan untuk mengkompensasi pelanggan dengan hadiah
atau pengantaran gratis.
5. Menginformasikan pelanggan tentang
langkah-langkah tambahan yang Anda ambil untuk memperbaiki masalah itu.
Jika perlu berkonsultasi dengan supervisor atau mencari informasi
tambahan dan berjanji untuk menelepon kembali pada waktu yang telah
ditentukan.
SUMBER : http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/53-pelayanan-konsumen/11853-cara-meredakan-pelanggan-yang-marah.html

Tidak ada komentar:
Posting Komentar